cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 30, No 1 (2020)" : 12 Documents clear
Pengembangan Trainer Instalasi Motor Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Tarkul Hammi; Mustofa Abi Hamid; Endi Permata
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.145 KB) | DOI: 10.17977/um034v30i1p1-13

Abstract

Tujuan penelitin ini untuk mengembangkan trainer yang dilengkapi dengan jobsheet sebagai media pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer dan jobsheet pembelajaran serta mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran instalasi motor listrik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan research and development (R&D) model ADDIE dengan sampel sebanyak 25 siswa menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli media pembelajaran trainer dan ahli materi pembelajaran untuk jobsheet pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat kelayakan media pembelajaran trainer instalasi motor listrik mendapatkan nilai rata-rata skor x sebesar 66 dengan kategori sangat layak,  tingkat kelayakan jobsheet pembelajaran instalasi motor listrik mendapatkan nilai rata-rata skor x sebesar 62,6 dengan kategori sangat layak; tingkat efektivitas media pembelajaran mendapatkan nilai skor n-gain sebesar 0,68 dengan kategori efektivitas sedang.
Hubungan Critical Thinking dan Kebermaknaan Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan Entrepreneurship Motivation di Era Revolusi Industri 4.0 Siswa SMK Kumalasari, Wahyuni Dwi
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.807 KB) | DOI: 10.17977/um034v30i1pIn press

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) hubungan antara critical thinking dengan entrepreneurship motivation di era revolusi industri 4.0; (2) hubungan antara kebermaknaan pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan entrepreneurship motivation di era revolusi industri 4.0; (3) besar sumbangan yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi ganda. Penelitian dilakukan pada siswa kompetensi keahlian Multimedia SMK Negeri di Kota Malang dengan jumlah sampel 134 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan positif dan signifkan antara critical thinking dengan entrepreneurship motivation di era revolusi industri 4.0; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara kebermaknaan pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan entrepreneurship motivation di era revolusi industri 4.0; (3) hasil sumbangan dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 72,01%.
Perancangan Aplikasi Mikrolet Online "BaDola" untuk Pengembangan Smart City di Kota Manado Christopel Hamonangan Simanjuntak; Dirko G.S Ruindungan; Stieven Netanel Rumokoy
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.387 KB) | DOI: 10.17977/um034v30i1p14-25

Abstract

Mikro adalah sebutan untuk angkutan umum mikrolet di kota manado. Saat ini ada 2500 mirko yang sedang beroperasi dalam 19 trayek (Manado, 2017). Hanya saja, saat ini taksi online sudah banyak sehingga banyak masyarakat sudah tidak lagi menggunakan mirko sebagai angkutan umum. Jika ini dibiarkan maka para supir akan kehilangan pemasukan dan bahkan menjadi jobless. Salah satu cara membantu supir dan mirko tetap beroperasi adalah membuat mirko masuk dalam dunia digital sehingga bisa bersaing dengan taksi-taksi online yang sudah ada di manado. Solusi ini juga membantu pemerintah dalam bidang transpostasi untuk mengembangkan kota manado sebagai kota pintar atau smartcity di indonesia. Berdasarkan hal inilah dirancang aplikasi trasportasi online untuk mikrolet. Dalam perancangan aplikasi tersebut ada beberapa tahapan alur penelitian yang dilakukan seperti Studi literatur, Perancangan konsep sistem, Disain use case diagram, Disain sequence diagram, Disain activity diagram dan tampilan aplikasi. Pada konsep sistem mengambarkan konsep besar sistem berjalan dan jaringan yang akan digunakan. Pada use case diagram menghasilkan 3 actor, 24 actor dimana ada 16 relasi generalisasi dan 24 relasi includes. Activity diagram mengambarkan relasi antara user dan sistem. Pada sequence diagram terdapat 3 aktor dan 1 sistem yang berelasi. Pada disain tampilan aplikasi, ada fitur utama yang digunakan ialah home, activity, chat, inbox & account serta fitur layanan seperti BaDola, Monitoring, Charter dan Rental. Rancangan aplikasi transportasi online ini nantinya diberi nama ‘BaDola’ yang artinya memberi sinyal ke supir mikro agar supaya menepi dan mengambil penumpang yg memberi sinyal tersebut. BaDola adalah bahasa sehari-hari di kota manado.
Perancangan sensor arus dan tegangan pada Prototipe PLTSa berbasis Arduino uno CH340 R S, Muhammad Yusril
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1pIn press

Abstract

Dengan seiring perkembangan zaman, pengukuran tegangan dan arus pada sebuah rangkaian sangat mudah dilakukan dengan bantuan Mikrokontroler atau sensor. Adanya jurnal ini dibuat dengan tujuan untuk merancang sebuah prototype Pembangkit Listrik Tenaga Sampah sekaligus mengukur tegangan dan arus yang dihasilkan pada prototype dengan mikrokontroler berbasis Arduino Uno. Melakukan pengukuran tegangan menggunakan sensor jenis DC 0-25V dan pengukuran arus dengan sensor jenis ACS712. Tahap awal yang dilakukan adalah pengumpulan studi literatur sebagai referensi. Selanjutnya merancang prototype Pembangkit Listrik Tenaga Sampah dengan Arduino uno serta sensor tegangan dan sensor arus, kemudian memprogramkan Arduino tersebut yang dihubungkan dengan sebuah laptop. Percobaan ini dilakukan bertujuan untuk membandingkan perbedaan hasil dari pengukuran menggunakan sensor dan menggunakan multimeter tester dengan memberi 1 buah beban Resistor 100 Ohm pada prototype PLTSa. Dari hasil uji coba yang dilakukan, pengukuran sensor arus dan tegangan lebih praktis dibandingkan dengan multimeter, tetapi tingkat keakuratan menghitung nilai arus dan teganagn multimeter lebih baik dari sensor arus dan sensor tegangan.
Teknik Optimasi Shunt Passive Filter untuk Memitigasi Distorsi Harmonik Langlang Gumilar; Yogi Dwi Mahandi
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.363 KB) | DOI: 10.17977/um034v30i1p26-36

Abstract

Beban-beban nonlinear selalu diperlukan untuk mengoperasikan peralatan-peralatan listrik. Contohnya motor drive, inverter, rectifier, dan lain-lain. Bagaimanapun beban-beban nonlinear dapat menimbulkan masalah kualitas daya listrik seperti harmonik. Harmonik memiliki dua sumber yaitu sumber tegangan dan sumber arus. Untuk mengurangi ditorsi harmonik tegangan dapat menggunakan shunt passive filter. Sedangkan untuk mengurangi distorsi harmonik arus dapat menggunakan series passive filter. Jurnal ini bertujuan membahas berbagai tekni optimasi pada shunt passive filter dalam mengurangi distorsi harmonik. Setiap hasil dari teknik optimasi dibandingkan untuk mencari hasil yang paling efektif. Teknik optimasi shunt passive filter  dengan kapasitor bank mendapatkan nilai THD 4.13% dan TDD 4.07%. Teknik optimasi shunt passive filter  dengan line reactor mendapatkan nilai THD 2.37% dan TDD 2.14%. shunt passive filter  dengan detuned reactor mendapatkan nilai THD 3.76% dan TDD 3.95%
Mitigasi Transmission Line Loss Melalui Perubahan Jarak Antar Konduktor Wijaya, Yusuf Pandhu
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1pIn press

Abstract

Transmission Line Loss is an obstacle that cannot be avoided from the electricity transmission process. Transmission Line Loss is a phenomenon that is affected by loss of power due to corona and loss of power due to conductance resistance. Transmission Line Loss can be detrimental to the seller, because the electricity sent to the buyer is partially lost in the shipping process. However, losses can be reduced by increasing the distance between conductors so that the risk of Transmission Line Loss can be mitigated. In the transmission between the Waru bay Buduran substation, 83MW - 145MW of power is transmitted and 1.1 MW - 1.9 MW is lost due to losses in the transmission. Through this method, the loss of the transmission line can be reduced by 2.8% - 11.2%, so that the loss of the transmission line is reduced to 0.8MW – 1.8MW.
Analisis Stabilitas Tegangan Listrik: Studi Kasus Sistem Transmisi Daerah Madura (150 KV) rosyadi, faizun ulur
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1pIn press

Abstract

Permasalahan Kestabilan tegangan listrik selama pengoperasian sistem tenaga listrik menyebabkan kegagalan yang serius pada sistem tenaga listrik sehingga membuat pengembangan analisis stabilitas menjadi kebutuhan mutlak. Pada data yang diperoleh dari PT. PLN (Persero) UP2B Jawa Timur khususnya daerah Madura pada bulan Maret 2019 terdapat drop voltage yang besar, pada Maret 2019 bus Sumenep terjadi drop voltage sampai 133 kV. Dalam sistem penyediaan tenaga listrik, secara umum tegangan sistem harus dipertahankan dalam batasan (+5%) dan (–10%) dari tegangan nominalnya sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 03 Tahun 2007 tentang Aturan Jaringan Sistem Tenaga Listrik Jawa-Madura-Bali. Berdasarkan peraturan tersebut, kondisi tegangan pada bus beban sumenep mengalami drop voltage sebesar 17 kV atau >10% sehingga drop voltage yang terjadi sudah melewati batas standar tegangan yang diijinkan. Pada bus lain daerah Madura juga mengalami penurunan tegangan yang hampir mendekati batas standar seperti pada bus Sampang drop voltage sebesar 136 kV dan bus Pamekasan sebesar 137 kV. Untuk memprediksi stabilitas tegangan dari system di Madura dapat dilakukan dengan studi analisa stabilitas tegangan menggunakan metode Q-V Sensivity. Pada Q-V Sensivity diasumsikan tegangan dan beban bus tidak berubah, ketika nilai jacobian reduksi (JR) bernilai negatif menunjukkan bahwa kondisi bus tersebut tidak stabil. Pada hasil analisa bus Sumenep bernilai negatif sebesar -0,015 sedangkan bus lainnya bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada sistem transmisi Madura 150 kV terdapat bus yang tidak stabil teganganya yaitu pada bus Sumenep.
Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem-Based Learning Berbantuan E-Learning Schoology Indraswari, Martha Devi; Patmanthara, Syaad; Soraya, Dila Umnia; Suswanto, Hary
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1p45-54

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan selama ini kurang tepat karena tidak sesuai dengan sintaks dan tidak menyesuaikan karakteristik siswa. Terlebih, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menuntut siswa untuk mampu berpikir logis dan sistematis khususnya dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar. Discovery learning berbantuan Schoology dan problem-based learning berbantuan Schoology dapat menjadi alternatif solusi dalam mendukung siswa untuk memahami dan menerapkan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas kedua model. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan model non-equivalent control group design. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas X RPL di SMK Negeri 11 Malang. Kelas eksperimen 1 adalah X RPL 1, diberi perlakuan discovery learning berbantuan Schoology. Kelas eksperimen 2 adalah X RPL 2, diberi perlakuan problem-based learning berbantuan Schoology. Teknik analisis data meliputi statistik parametrik Paired Sample T Test dan Independent Sample T Test. Hasil menunjukkan bahwa kedua model sama-sama efisien, namun problem-based learning berbantuan Schoology lebih efektif. Discovery learning berbantuan Schoology dan problem-based learning berbantuan Schoology masing-masing mempunyai nilai efisiensi 0,572 dan 0,673 dengan Sig-2 tailed 0,000, serta nilai efektivitas sebesar 0,874 dengan mean problem-based learning lebih tinggi sebesar 84,19. Hal ini berdampak pada perbedaan hasil belajar sebesar 0,000.
Pengembangan Metode Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Distribusi Daya Listrik Berbasis Lingkungan Dengan Pendekatan Teknologi Stieven Netanel Rumokoy; Langlang Gumilar; Dezetty Monika
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1p55-65

Abstract

Metode dalam mengajar untuk mencapai tujuan pemahaman terus berkembang. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi. Metode pembelajaran yang baik akan mempengaruhi pencapaian pembelajaran yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melaksanakan konsep pengembangan metode pembelajaran pada mata kuliah Sistem Distribusi Daya berbasis lingkungan dengan pendekatan teknologi. Dari hasil pelaksanaan, proses pengembangan metode pembelajaran pada mata kuliah Sistem Distribusi Daya berbasis lingkungan dengan pendekatan teknologi, dapat disimpulkan bahwa materi pengajaran dapat tersusun dengan sistematis dengan dilengkapi materi yang aplikatif yang diambil dari lingkungan Politeknik Negeri Manado. Mahasiswa dapat memahami dengan baik dibuktikan dengan hasil akhir dan bukti test yang dapat memenuhi Capaian Pembelajaran. Proses pembelajaran terlaksana lebih mudah dengan bantuan teknologi
Perbedaan Hasil Belajar Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik Antara Kelas Dengan Model ECIRR dan Model PBL Berbantuan Software EKTS Pada Siswa Menengah Kejuruan Aripriharta Mr.
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 30, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um034v30i1p66-74

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam pelajaran sistem kontrol elektromekanis dan elektronik. Dalam hal ini, peneliti mengungkapkan perbedaan antara model pembelajaran ECIRR berbantuan software EKTS dan model pembelajaran PBL berbantuan software EKTS untuk menentukan hasil belajar dari sistem kontrol elektromekanis dan elektronik di kelas XI TOI SMK PGRI Singosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental (Quasi-Experimental Design) dengan pola Desain Kelompok Kontrol Non-Equivalent. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XI TOI SMK PGRI Singosari. Objeknya adalah siswa kelas XI TOI 1 sebagai kelas eksperimen A dan siswa kelas XI TOI 2 sebagai kelas eksperimen B dengan jumlah 39 dan 37.Dalam penelitian ini, data dari hasil belajar diperoleh melalui skor posttest yang dianalisis dengan bantuan software analisis statistika yaitu SPSS 21 untuk Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai rata – rata kelas yang menerapkan model ECIRR berbantuan software EKTS pada aspek pengetahuan dan keterampilan mendapatkan 84 dan 84.24, sedangkan kelas yang menerapkan model PBL berbantuan software EKTS pada aspek pengetahuan dan keterampilan mendapatkan 79 dan 82.4. Hal ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas yang telah diberi perlakuan model pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 12